Mencegah KEK (Kekurangan Energi Kalori) Dengan Gizi Seimbang; Animasi Edukasi Yang Mengispirasi
Keywords:
KIE, ibu hamil, KEK, media edukasi, video animasi, propezi bumil, gizi seimbang, biskuit PMT, menu sehatkuAbstract
An assessment conducted in the working area of a community health center (Puskesmas), covering three urban villages, revealed that Communication, Information, and Education (CIE) efforts for pregnant women with Chronic Energy Deficiency (CED) remain suboptimal due to the lack of accessible and appropriate educational media. To address this issue, several educational tools were developed, including animated videos, the PROPEZI BUMIL card for monitoring biscuit supplement adherence, and an interactive game called "Menu Sehatku" to strengthen understanding of balanced nutrition. The intervention led to a significant improvement in maternal knowledge scores, rising from an average of 69.70% pre-intervention to 89.90% post-intervention. Therefore, continuous implementation of CIE using both online and offline media is necessary. The resulting data can also serve as a foundation for developing strategies to enhance pregnant women's understanding of CED and balanced nutrition during pregnancy
References
Ambyar. 2019. Metodelogi Penelitian Evaluasi Program. Bandung:Alfabeta
Budiman & Riyanto, A. 2013. Kapita Selekta Kuesioner: Pengetahuan dan Sikap dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika
Clark, R.C. & Mayer, R.E., 2016. E-learning and the science of instruction: proven guidelines for consumers and designers of multimedia learning (4th Ed.). Canada: John Wiley & Sons Inc
Depkes RI. 2012,. Survei Demografi Kesehatan Indonesia dan
Angka Kematian Ibu. diakses pada 17 april 2022. Dari http://www.depkes.go.id
Diana. 2018. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian
Kekurangan Energi Kronis (Kek) Pada Ibu Hamil Tm Ii Di Puskesmas Lingkar Barat Kota Bengkulu Tahun 2018. Diakses pada tanggal 18 april 2022. Diperoleh dari http://repository.poltekkesbengkulu.ac.id
Dinkes Kota Banjarmasin, 2017. Laporan Tahunan. Banjarmasin: Dinkes Kota Banjarmasin
Helena. 2013. Gambaran Pengetahuan Gizi Ibu Hamil Trimester Pertama dan Pola Makan dalam pemenuhan Gizi. diakses pada tanggal 17 April 2022 di peroleh dari www. repository.usu.ac.id
Hema, 2020. E-Book “Millenial Sadar Gizi” sebagai Salah Satu Upaya Edukasi
Pencegahan Ibu Hamil KEK di Puskesmas Gunungpati Semarang Volume 3. Semarang : Prosiding Unimus
Kementerian Riset dan Teknologi Dikti. 2017.Smartphone Rakyat Indonesia. Diperoleh dari http://www.dikti.go.id/smartphone-rakyat-indonesia-2/
Kemenkes RI. 2018. Data dan Informasi Profil Kesehatan Indonesia 2017. Jakarta: Kemenkes. 2018
Modul Kesehatan & Gizi. Jakarta: Kemenkes.2020. Laporan kinerja kementerian kesehatan 2020. diakses pada tanggal 17 April 2022. diperoleh dari http://ppid.kemkes.go.id/uploads/img_60e3c13edba9f.pdf
Mira. 2021. Gambaran Pengetahuan Dan Sikap Ibu Hamil Tentang Kurang Energi Kronis Di Unit Pelaksana Teknis Daerah Pusat Kesehatan Masyarakat Gianyar. Diakses padatanggal 18 april 2022. Diperoleh dari http://repository.poltekkes-denpasar.ac.id
Notoatmodjo.2014. Metodologi Penelitian Kesehatan.Jakarta : PT. Rineka Cipta
Puskesmas kayon. 2021. Laporan Tahunan Ibu Hamil Kek 2021. Puskesmas Kayon.
Saifudin. 2012. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal, Edisi 2. Jakarta : Yayasan Bina Pustaka
Supariasa,dkk. 2013. Penilaian Status Gizi. Jakarta: EGC
Tita. 2017. Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Gizi Kehamilan Dengan Kejadian Kurang Energi Kronik (Kek) Pada Kehamilan Di Kota Yogyakarta Tahun 2017. Diakses pada tanggal 18 april 2022 diperoleh dari www. poltekkesjogja.ac.id